Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Puasa


Beberapa riset memang membuktikan, puasa memberikan tidak sedikit manfaat untuk kesehatan. Salah satu studi yang diadukan oleh Gulf News, puasa dapat menolong pembakaran lemak jahat di dalam tubuh, meningkatkanfaedah otak, dan pun mengurangi risiko penuaan dan penyakit berbahaya.

Namun faktanya, sering pula sejumlah orang yang merasakan gangguan kesehatan ketika berpuasa. Mungkin urusan ini sebab tubuh anda merasa “kaget” dampak perubahan pola santap yang tiba-tiba.

Dari yang biasa santap tiga kali sehari di masa-masa pagi, siang, dan malam, ketika bulan puasa menjadi santap paling tidak dua kali sehari, yakni ketika magrib dan sahur. Bagi menyiapkan diri menyambut Ramadan, agaknya anda perlu tahu sejumlah gangguan kesehatan yang biasadidatangi saat bulan puasa.

Asam lambung

Salah satu penyakit yang umum terjadi ketika berpuasa ialah naiknya asam lambung dampak perut yang kosong seharian. Gangguan ini bakal hilang dengan sendirinya seiring dengan masa-masa tubuh bakal menyesuaikan diri.

Salah satu pemicu naiknya asam lambung ialah ketika anda langsungistirahat 30 menit setelah santap sahur. Jika memang hendak tidursesudah sahur, tunggulah minimal 1 jam sesudah sahur supaya asam lambung tidak naik.

Sakit kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh tidak sedikit hal. Salah satunyaialah tekanan darah yang rendah dan pun kurangnya pasokan gula dari makanan. Sakit kepala juga dapat disebabkan sebab rasa kantuk sebab pola istirahat yang agak berubah dan rutinitas kegiatan yang menuntuttidak sedikit tenaga dan pikiran.

Untuk meminimalisir sakit kepala ketika puasa, biasakan guna tidurpaling tidak 7 jam, hindari minum kopi, dan perbanyak santap makanan yang kaya gizi.

Dehidrasi

Memang tidak dapat dimungkiri cairan tubuh sekitar berpuasa bakal berkurang drastis. Kekurangan cairan akan mengakibatkan bibir dan kulit kering sampai dehidrasi. Untuk menangkal dehidrasi, hindari minuman manis ketika sahur dan kurangi kegiatan fisik di luar ruangan.

Radang Tenggorokan

Makanan berminyak laksana gorengan memang sering menjadi menu buka puasa yang sangat disukai. Namun, waspadai fenomena radang tenggorokan dan batuk yang pasti akan mengganggu pekerjaan ibadah kamu.

Pasalnya, terlalu tidak jarang mengonsumsi gorengan akan memicu tenggorokan menjadi sensitif. Sah-sah saja santap gorengan asal diimbangi dengan konsumsi air putih yang tidak sedikit serta buah-buahan segar ya…

Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar terjadi sebab kurangnya cairan dan serat sampai-sampai mengganggu sistem pencernaan tubuh. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya serat laksana sayuran dan buah-buahan laksana pepaya.

Hindari terlalu tidak jarang mengonsumsi makanan yang berisi tidak sedikit lemak laksana opor, nasi padang, dan goreng-gorengan.


Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Puasa