Apa Saja Yang Harus Dicek Pada Kendaraan Sesudah Menerjang Banjir?

Apa Saja Yang harus Dicek Pada Kendaraan Setelah Menerjang Banjir?- Jika intensitas hujan terlalu tinggi, kota-kota ibarat di jakarta selalu digenangi oleh air. Hal ini tentu sangat mengganggu oleh pengguna motor. Jika sudah terpaksa untuk menerjang genangan air akhir hujan, maka air sanggup saja masuk kedalam komponen motor. Jika hal itu sudah terjadi, maka tentu kinerja motor sanggup terganggu. Lalu apa saja yang harus dicek jikalau kendaraan gres saja menerjang banjir?
Apa Saja Yang harus Dicek Pada Kendaraan Setelah Menerjang Banjir Apa Saja Yang harus Dicek Pada Kendaraan Setelah Menerjang Banjir?
ilustrasi motor menerjang banjir

Komponen Yang Perlu Di Cek Setelah Menerjang Banjir

1. Filter Udara
Jika motor gres saja menerjang banjir, maka pertama kali yang dilakukan yaitu mengecek filter udara. Jika air sudah masuk ke filter udara, maka air akan bercampur dengan materi bakar sehingga proses pembakaran akan terganggu. Gejala yang ditimbulkan yaitu motor terasa "brebet". 
2.Oli Mesin
Oli mesin berfungsi sebagai pelumas supaya tidak terjadi kontak pribadi antar setiap komponen. Jika air sudah bercampur dengan oli, maka sistem pelumasan terganggu yang berakibat komponen cepat aus. Ciri-ciri oli yang bercampur dengan air sanggup dilihat melalui dipstick. Oli yang bercampur dengan air akan terlihat putih susu.
3. Busi
Busi yang letaknya dibawah, akan gampang terkena air dikala motor menerjang banjir. Oleh alasannya itu busi harus segera dibersihkan baik dari kotoran maupun dari air. Gejala yang ditimbulkan jikalau pengapian lemah yaitu mesin brebet.
4. CVT
Khusus untuk mesin matic, kondisi diruang CVT perlu di cek. Komponen ibarat belt, roller maupun rumah roller perlu untuk segera dibersihkan. Jika belt CVT dibiarkan kotor atau basah, maka akan menjadikan getas.
5. Oli Gardan
Masih untuk motor matic, periksa juga kondisi oli gardan. Posisi gardan yang berada di bawah sokbreaker memungkinkan adanya air yang masuk ke gardan.

Itu tadilah kelima komponen yang perlu dicek sesudah motor menerjang banjir. Jika anda tidak sanggup melakukanya sendiri bawalah ke bengkel terdekat. Supaya selamat ketika menerjang banjir maka baca juga tips kondusif mengendarai kendaraan dikala banjir.

Apa Saja Yang Harus Dicek Pada Kendaraan Sesudah Menerjang Banjir?