Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan

Madu manuka merupakan jenis madu yang saat ini sedang banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat di Indonesia. Madu ini berasal dari New Zealand dan saat ini sudah diimpor masuk ke Indonesia. Madu manuka jelas sekali berbeda dengan madu biasa dan memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Jika dibandingkan dengan madu biasa, harga madu manuka memang jauh lebih mahal. Tapi harga yang mahal dari madu manuka ini juga sebanding dengan khasiat yang dimiliki. Kandungan madu manuka memberikan manfaat yang lebih banyak daripada jenis madu biasa. 

Sebenarnya apa saja manfaat dari madu manuka ini? Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat madu manuka untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat Madu Manuka 

Inilah dia khasiat yang dikandung oleh madu manuka : 

1. Meringankan Asam Lambung 

Madu manuka memiliki kandungan antibiotik dan bisa membantu membunuh beragam jenis bakteri di dalam tubuh. Madu manuka diketahui bisa membantu membasmi bakteri bahaya yang ada di asam lambung. Mengonsumsi madu manuka bisa membantu mengurangi asam lambung dan menyeimbangkan kondisi pencernaan dalam tubuh. 

2. Mengobati Luka Bakar dan Penyakit Kulit 

Madu manuka memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, serta anti radang sehingga madu ini sangat baik untuk mengatasi beragam gangguan pada kulit. Madu manuka bisa meringankan kondisi kulit yang mengalami luka bakar. Madu manuka juga bisa digunakan untuk mengobati bisul serta borok. 

3. Mengatasi Radang Tenggorokan 

Dengan kandungan antibiotik yang dimiliki oleh madu manuka maka madu ini bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan radang pada tenggorokan. Madu manuka bisa membantu memulihkan kondisi radang tenggorokan dengan ampuh. 

4. Mengobati Jerawat 

Bagi kaum perempuan, jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu. Apalagi kalau jerawat mulai banyak bermunculan dan meradang sehingga tak hanya mengganggu penampilan namun juga terasa sakit. Oleh karena itu, jerawat harus segera diatasi dengan cara yang tepat agar segera pulih. 

Madu manuka bisa membantu mengobati jerawat yang sedang meradang. Karena bersifat antibakteri maka madu manuka bisa membantu memberantas bakteri penyebab jerawat di wajah. Caranya cukup mudah hanya dengan dioleskan langsung pada jerawat. 

5. Perawatan Kecantikan

Selain mengobati jerawat, madu manuka bisa menjadi salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan kulit anda. Madu manuka dipercaya bisa memperbaiki tekstur dan warna kulit. Madu manuka bisa ditambahkan ke sabun cuci muka dan digunakan secara rutin untuk membersihkan muka. 

Madu manuka sebagai sabun cuci muka bisa membantu mengelupas sel kulit mati. Selain itu madu ini juga bisa melawan berbagai bentuk radikal bebas yang berefek buruk pada kulit. 

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Madu manuka memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Madu ini bisa membantu meningkatkan vitalitas dan memberikan energi untuk tubuh. Dengan mengonsumsi madu manuka secara teratur maka anda bisa menangkal semua jenis virus dan bakteri sehingga kondisi tubuh selalu sehat serta tidak mudah jatuh sakit. 

7. Menjaga Kesehatan Gigi 

Madu manuka juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Madu manuka bisa digunakan untuk berkumur dan bisa membantu mengurangi plak gigi. Selain itu madu manuka bisa juga meringankan peradangan yang sering terjadi pada gusi. 

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh madu manuka. Meskipun harganya memang cukup mahal namun madu manuka bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, jika anda belum mengenal produk madu yang satu ini maka anda harus segera mencobanya dan mengonsumsinya secara teratur.

Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan