Mendeteksi Kesehatan Dengan Cek 4 Jengkal Tangan

Berdasarkan keterangan dari hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, diabetes melitus menjadi di antara masalah kesehatan masyarakat dunia. Jumlah penderitanya juga kian meningkat dari masa-masa ke waktu. Faktanya, salah satu hal risiko diabetes ialah kelebihan berat badan dan obesitas. Ini sebabnya, penting untuk Anda untuk memahami apakah kita termasuk keunggulan berat badan, atau bahkan obesitas.

Salah satu teknik yang dapat Anda kerjakan untuk memperkirakan risiko obesitas ialah dengan mengukur lingkar pinggang ideal memakai jengkal tangan Anda. Bagaimana caranya? Simak di sini!

Obesitas ialah faktor risiko diabetes yang terbesar

Terdapat sekian banyak  faktor risiko yang merangsang timbulnya diabetes, di antaranya usia, kehamilan, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, riwayat keluarga, kolesterol tinggi, dan obesitas. Dilansir dari laman Obesity Society, penyebab diabetes tipe 2 yang sangat umum ialah kelebihan berat badan atau obesitas.

Hampir 90 persen orang dengan diabetes tipe 2 pun mengalami obesitas, terutama andai Anda memiliki keunggulan berat badan di dekat perut (obesitas sentral). Pasalnya, orang dengan obesitas menyerahkan tekanan berlebih pada tubuhnya guna menghasilkan insulin guna menata gula darahnya. Karena itulah, mereka ingin terkena diabetes.

Obesitas sentral atau obesitas abdominal (yang lebih awam dikenal dengan perut buncit atau perut gendut) ialah kumpulan lemak berlebih di wilayah perut (abdominal). Obesitas sentral ini mempunyai risiko 7 kali lebih banyak menyebabkan diabetes.

Masalahnya, berat badan saja tidak dapat dijadikan patokan obesitas sentral. Banyak orang dengan berat badan yang terlihat normal namun perutnya buncit, sampai-sampai berisiko obesitas sentral serta diabetes. Oleh karena itu, kita perlu menyimak seberapa besar timbunan lemak yang terdapat di perut Anda. Bagaimana caranya?

Memperkirakan lingkar pinggang ideal dengan 4 jengkal tangan

Untuk mendeteksi kesehatan beberapa besar memerlukan alat-alat tertentu, misalnya timbangan guna mengukur berat badan, kaliper guna mengukur lemak tubuh, atau pita ukur guna mengukur lingkar pinggang.

Sayangnya, tidak seluruh orang mempunyai alat-alat tersebut. Ada satu teknik yang dapat Anda jajaki dalam memperkirakan apakah linggar pinggang ideal atau tidak. Anda bisa mengukur melulu dengan memakai tangan Anda. Akan tetapi, penting disalin bahwa kiat ini keakuratannya masih dianalisis para ahli, sehingga ketika ini belum dapat dijadikan cara pengukuran yang 100% tepat.

Namun, teknik mudah ini pasti sangat menolong Anda memperhatikan sekali risiko obesitas dan diabetes semenjak dini. Ukuran jengkal tangan orang dewasa ialah sekitar 20-25 cm. Maka, 4 jengkal diduga setara dengan 80-90 cm. Nah, teknik ini dapat Anda pakai untuk mendeteksi bisa jadi obesitas sentral pada diri Anda.

Bagaimana teknik mengukur lingkar pinggang dengan 4 jengkal tangan?

Berdirilah dengan tegak dan bernapas laksana biasa, kemudian ukur lingkar pinggang kita sejajar dengan pusar memakai jengkal tangan, mulai dari depan atau belakang. Jika lingkar pinggang kita melebihi 4 jengkal, maka Anda bisa jadi termasuk kelompok obesitas sentral.

Ukuran lingkar pinggang ideal guna wanita ialah kurang dari 80 cm, sementara untuk laki-laki tidak lebih dari 90 cm. Apabila hasil pengukuran lingkar pinggang lebih dari angka tersebut, maka ada bisa jadi Anda punya perut buncit atau obesitas sentral.

Untuk menemukan hasil yang lebih akurat, lebih baik pakai pita ukur untuk memahami angka tentu lingkar pinggang Anda. Pasalnya, ukuran tangan masing-masing orang berbeda-beda sehingga bisa jadi memberikan hasil yang berbeda-beda pula. Setelah Anda mengerjakan cek kesehatan dengan kiat 4 jengkal tangan dan ternyata hasilnya yakni Anda berisiko, segera pastikan lagi dengan memakai pita ukur guna mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Anda juga dapat cek lingkar pinggang ideal untuk Anda dengan teknik periksa ke dokter. Selain urgen sebagai tahapan pencegahan obesitas dan diabetes, dokter pun dapat memberikan saran evolusi gaya hidup atau penyembuhan tertentu, andai memang diperlukan. Dengan mewaspadai sekian banyak  risiko kesehatan dan rutin cek ke dokter, Anda dapat menjalani #hidupenak tanpa kekhawatiran berlebih.

Mendeteksi Kesehatan Dengan Cek 4 Jengkal Tangan