Service Kulkas: Ketahuilah Sebab Kulkas Anda Bermasalah

Service kulkas merupakan tindakan yang perlu Anda lakukan untuk tetap menjaga keawetan kulkas. Terlebih dewasa ini kulkas sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting oleh sebagian besar masyarakat. Berbagai makanan, buah-buahan, dan sayuran akan lebih tahan lama dan terjaga kesegarannya dengan memanfaatkan kulkas. 

Penyebab Kulkas Tidak Beroperasi 


Kulkas yang terus bekerja selama 24 jam tanpa henti tentu semakin lama fungsinya akan menurun. Normalnya kulkas dapat bekerja selama 13 tahun, namun jika Anda mendapati kulkas bermasalah, hal ini mungkin saja akibat kurangnya perawatan pada kulkas. 

Perawatan dan service kulkas merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu Anda harus mengetahui seluk beluk kulkas, termasuk penyebab adanya kerusakan pada kulkas. Nah lebih jelasnya mari simak penyebab adanya kerusakan pada kulkas berikut: 

1. Pintu kulkas yang tidak ditutup secara rapat 

Hal ini terlihat sepele, bahkan jarang dari kita yang sering memperhatikan hal tersebut. Padahal penutupan pintu kulkas yang tidak rapat dapat menyebabkan kulkas Anda bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini dikarenakan kulkas berusaha untuk mempertahankan suhu dingin makanan akibat adanya udara yang keluar dari kulkas saat pintu tidak tertutup rapat 

2. Kumparan kulkas yang berdebu dan kotor 

Mungkin jarang dari Anda yang rutin untuk melakukan pembersihan pada kumparan kulkas. Hal ini juga dapat menyebabkan keawetan kulkas menurun dan menyebabkan makanan di kulkas cepat basi. 

Kumparan kulkas yang berdebu dan kotor mengakibatkan kulkas harus bekerja lebih keras sehingga energi yang digunakan pun lebih banyak. Untuk itu ada baiknya jika Anda lebih rutin dalam menjaga kebersihan kumparan kulkas tersebut 

3. Karet paking kulkas yang tidak pernah dibersihkan 

Banyak dari kita yang jarang menyadari akan kegunaan dari karet paking kulkas. Karet paking kulkas ini merupakan material karet yang terletak di dalam kulkas yang berfungsi untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas dan mencegah udara hangat dari luar untuk masuk ke dalam kulkas. 

Nah apabila udara hangat dari luar ini masuk, hal ini akan menyebabkan kulkas Anda bekerja dua kali lipat lebih keras dari biasanya, dan tentunya hal ini akan menghabiskan banyak listrik dan energi yang diperlukan. 

4. Saringan air pada kulkas jarang dibersihkan dan diganti 

Rata-rata kulkas yang dipakai oleh sebagian besar masyarakat merupakan kulkas yang sudah memiliki pembuat es atau dispenser otomatis. Nah apabila kulkas Anda juga demikian, pastikan untuk selalu membersihkan saringan air sebulan sekali dengan menggunakan sikat gigi, soda kue, dan air. Hal ini dapat menjaga kualitas air dalam kulkas dan menghindari tumbuhnya jamur dan lumut. 

Pastikan hal-hal di atas sudah Anda pahami yah. Melakukan perawatan secara berkala juga perlu diterapkan minimal sekali dalam setahun untuk tetap menjaga keawetan kulkas. Perawatan tersebut dilakukan untuk membersihkan komponen-komponen inti dalam kulkas yang sulit kita jangkau sendiri dan mungkin akan lebih teratasi dengan bantuan jasa service kulkas. 





Service Kulkas: Ketahuilah Sebab Kulkas Anda Bermasalah