Ini yang Harus Dilakukan sebelum Melakukan Prosedur Bayi Tabung


Teknologi bayi tabung sudah sangat populer di Indonesia. Sudah banyak orang yang mencoba melakukan progam ini untuk mendapatkan keturunan. Meskipun biayanya terbilang tinggi namun tidak sedikit orang yang tetap ingin melakukan prosedur bayi tabung atau biasa disebut juga dengan nama IVF (in vitro fertilization). 

Anak merupakan belahan jiwa. Setiap pasangan suami istri tentu saja menginginkan ada anak yang mewarnai kehidupan rumah tangga mereka. Namun sayangnya, tidak semua orang beruntung bisa mendapat keturunan dengan mudah dan cepat bahkan tak perlu menunggu lama setelah menikah. Banyak juga yang kesulitan untuk mendapakan keturunan meskipun segala macam usaha sudah dicoba. 

IVF menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan untuk memiliki anak lewat pembuahan yang terjadi secara alami. IVF akan memfasilitasi proses pembuahan sehingga bisa terbentuk janin. Namun, proses ini tidak bisa dipandang mudah dan waktu yang dibutuhkan juga tergolong lama serta harganya juga tidak murah. 

Persiapan sebelum Bayi Tabung 

Program bayi tabung bisa dibilang merupakan sebuah program yang sangat penting dan sensitif. Sebelum melakukan proses bayi tabung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Inilah dia beberapa hal penting yang perlu dilakukan agar prosedur bayi tabung bisa berjalan dengan lancar : 

1. Perhatikan Makanan 

Sebelum menjalani program bayi tabung anda harus menjaga pola makan anda degan baik. Program ini bisa dijalankan jika anda dalam kondisi yang sehat apalagi jika nanti janin bisa berkembang, anda tentu harus jeli memperhatikan makanan yang akan anda konsumsi. 

Jenis makanan yang anda konsumsi harus mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika anda dalam kondisi sehat berkat makanan sehat yang anda konsumsi maka tubuh akan jauh lebih siap untuk menerima program bayi tabung. 

2. Olahraga 

Anda juga harus melakukan olahraga secara rutin. Tak perlu berat-berat, cukup lakukan olahraga yang ringan misalnya dengan berjalan-jalan atau melakukan yoga. Olahraga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh anda menjadi semakin segar. 

3. Hindari Kafein dan Soda 

Ini dia yang perlu menjadi perhatian terutama bagi mereka para pecinta soda dan kopi. Perlu diketahui bahwa jika anda ingin menjalankan program bayi tabung maka pastikan anda mengurangi minum soda serta kopi yang mengandung kafein. Selain itu, hindari semua jenis minuman yang tidak sehat dan jangan memilih yang terlalu manis. 

4. Pola Tidur Teratur 

Sebelum mengikuti program bayi tabung, kondisi fisik memang harus bugar. Oleh karena itu, selain makan makanan bergizi dan berolahraga, anda juga harus mengikuti pola tidur yang teratur. Pastikan anda tidur selama kurang lebih 8 jam setiap hari. Tidur yang cukup akan berperan banyak dalam meningkatkan kesehatan fisik anda. 

5. Konsumsi Vitamin 

Pastikan anda rutin mengonsumsi vitamin untuk membantu meningkatkan kondisi fisik anda. Anda bisa mengonsumsi suplemen omega-3 minyak ikan. Asam lemak omega-3 ternyata diketahui berperan penting dalam proses perkembangan embrio yang sudah ditanam. Jika memang dokter menganjurkan jenis vitamin lain, maka berikan juga vitamin tersebut. 

Itulah tadi beberapa hal yang harus anda dipehatikan sebelum anda melakukan program bayi tabung. Selain itu, jangan lupa siapkan mental juga karena prosedur bayi tabung yang akan dijalani bukanlah prosedur sembarangan yang mudah. Bukan tidak mungkin anda akan merasa takut jadi persiapkan mental sebaik mungkin agar tidak merasa takut maupun cemas.

Ini yang Harus Dilakukan sebelum Melakukan Prosedur Bayi Tabung