5 Jenis Hipertensi Yang Perlu Diketahui Selama Masa Kehamilan


Setiap ibu tentu memiliki berbagai macam perasaan saat mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Mulai dari perasaan senang, khawatir hingga kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai karena sedang hamil. Ya, saat hamil setiap ibu hamil akan merasakan gangguan pada kesehatannya salah satunya yakni merasakan hipertensi. Hipertensi dalam kehamilan bukanlah hal yang biasa dan perlu diwaspadai oleh setiap ibu yang tengah mengandung. Tapi, sudah tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis hipertensi yang dialami oleh para ibu hamil? Berikut ini 5 jenis hipertensi yang perlu diketahui dan diwaspadai oleh para ibu yang tengah mengandung. 

Kronik 

Hipertensi kronik berarti bahwa seorang ibu telah mengalami hipertensi bahkan sejak sebelum mengandung. Hal ini tentu perlu diwaspadai mengingat hipertensi bisa mengganggu para ibu hamil selama masa kehamilannya. 

Pre-eklampsia 

Jenis hipertensi berikutnya yakni pre-eklampsia. Jenis hipertensi yang satu ini berarti seorang ibu yang baru mengalami hipertensi pada lebih dari 20 minggu usia kehamilannya. Biasanya hipertensi ditemukan ketika pemeriksaan urin dan ditemukan protein didalamnya. Biasanya hipertensi jenis ini dialami oleh ibu yang belum pernah melahirkan dan telah berusia lebih dari 40 tahun ketika hamil. 

Eklampsia 

Jenis berikutnya yakni eklampsia. Jenis hipertensi yang satu ini merupakan kondisi hipertensi dimana seorang ibu yang telah mengalami pre-eklampsia dan telah mengalami kejang. 

Superimposed 

Superimposed atau berdampingan meruapakan kondisi hipertensi yang sudah dialami sebelum masa kehamilan dan mengalami fase pre-eklampsia di masa kehamilannya. Hal ini tentu perlu diwaspadai agar dapat melindungi bayi yang ada di dalam kandungan Anda. 

Gestasional 

Jenis hipertensi terakhir yang perlu Anda ketahui adalah gestasional. Jenis hipertensi ini terjadi ketika setelah persalinan. Biasanya ketika hamil seorang ibu akan mengalami hipertensi meski tidak terdapat protein dalam urinnya. Kemudian tekanan darah tidak turun hingga 12 minggu persalinan dan perlu diwaspadai oleh para ibu yang tengah mengandung. 

Itulah berbagai kondisi hipertensi yang perlu diwaspadai oleh para ibu hamil. Pahami juga tanda tanda melahirkan agar dapat membantu Anda ketika menjelang proses persalinan. Semoga bermanfaat.

5 Jenis Hipertensi Yang Perlu Diketahui Selama Masa Kehamilan