Mengatasi Mata Bintitan Dengan Trik Alami dan Sederhana


Hordeolum atau bintitan ialah satu dari sejumlah infeksi mata, yang ditandai dengan timbulnya tonjolan merah di unsur kelopak mata. Adanya tumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati yang menyumbat kelenjar minyak di dekat bulu mata adalahdalang utamanya. Lantas, bagaimana teknik mengobati mata bintitan secara alami?

Pilihan teknik mengobati mata bintitan ala rumahan

Bukan melulu membuat Anda tidak cukup percaya diri, bintitan pada mata pun menimbulkan rasa tidak cukup nyaman ketika melihat sebab sakit, gatal, serta menambah produksi air mata.

Berikut ini pelbagai cara mengobati mata bintitan yang alami guna mempercepat proses penyembuhan, di samping memakai obat dari dokter:

1. Bersihkan dengan sabun dan air

Membersihkan mata bintitan dengan air biasa saja tidak cukup. Coba pakai tisu atau kain bersih yang telah diairi dengan air dan sabun sebelumnya, guna mengusap kelopak mata kita dengan perlahan.

Pastikan Anda memakai jenis sabun yang tidak memunculkan rasa pedih di mata. Rutin melakukan teknik ini masing-masing hari, dapat menolong mencegah timbulnya mata bintitan di kelopak mata lainnya.

2. Bersihkan dengan larutan air dan garam

Jika tidak hendak menggunakan sabun, opsi lain yang dapat dilakukan sebagai teknik mengobati mata bintitan yaitu dengan membersihkannya gunakan air garam. Sama seperti pemakaian sabun, larutan air garam dapat membantu menciptakan mata bintitan lebih bersih sebab menghilangkan bakteri.

3. Pakai kantong teh hangat

Kantong teh yang sudah digunakan ternyata masih bisa berfungsi untuk urusan lain. Ya, tidak boleh langsung membuangnya, sebab kantong teh bekas itu masih dapat digunakan untuk mengompres mata bintitan.

Sebenarnya Anda dapat menggunakan jenis teh apa pun, namun teh hitam dipercayai punya sifat antibakteri sekaligus efek meredakan pembengkakan yang baik guna mempercepat pengobatan mata bintitan. Atau bila telah terlanjur dibuang, Anda dapat mencelupkan kantong teh yang masih baru ke dalam segelas air hangat seolah sedang menciptakan teh.

Setelah itu, biarkan sekitar 1 menit hingga kantong teh telah agak dingin, lalu pakai pada mata tertutup selama 5-10 menit. Usahakan untuk menggunakan dua kantong teh yang bertolak belakang pada masing-masing mata.

4. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat jadi pilihan untuk menanggulangi mata bintitan, selain memakai kantong teh hangat. Kedua teknik tersebut sama-sama efektif sebab membantu mendorong nanah naik ke permukaan kelopak mata, sehingga dapat keluar secara alami.

Penting guna diketahui, bahwa tonjolan merah pada mata bintitan seringkali mengandung nanah. Itu sebabnya, tidak boleh khawatir saat ada nanah terbit dari mata Anda, karena dengan kata lain bintitan sebentar lagi bakal sembuh.

Anda dapat mencelupkan kain bersih ke dalam sebaskom air hangat, lantas peras hingga tidak terdapat lagi air yang menetes. Letakkan kain di atas mata sekitar 5-10 menit. Ulangi urusan ini sejumlah 3-4 kali masing-masing hari.

Mengatasi Mata Bintitan Dengan Trik Alami dan Sederhana